Penyebab Mudahnya Kadar Gula Darah Naik Turun

penyebab diabetes naik turun
Bila Anda menderita diabetes, menjaga kadar gula darah tetap stabil adalah sebuah keharusan. Sayangnya, teori tak semudah praktiknya. Meski sudah mengikuti saran dokter dan disiplin minum obat, terkadang kadar gula darah gampang naik turun.

Pengidap diabetes (diabetesi) pada umumnya sadar bahwa stres, makanan dan juga gangguan kesehatan ringan bisa memengaruhi kadar gula darah mereka. Tetapi, ada beberapa penyebab lain yang sulit dikenali.

Dengan mengenali faktor-faktor yang bisa memengaruhi fluktuasi (naik turunnya) gula darah sebenarnya bisa membantu pengidap diabetes menjaga pola makan dan pola hidupnya. Ketahui apa saja faktor tak terduga yang bisa membuat gula darah terlalu tinggi atau rendah. Berikut beberapa diantaranya;

1. Pemanis buatan
Karena ingin menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula, biasanya diabetesi (penderita diabetes) memilih produk rendah kalori seperti minuman zero sugar atau pemanis buatan. Sayangnya, pemanis buatan tak sepenuhnya netral.

"Jika ingin beralih ke alternatif yang lebih sehat, pilih saja air putih, bukan minuman kemasan yang rendah kalori," saran Patty Bonsignore, edukator diabetes bersertifikat dari Boston.

2. Dehidrasi
Kekurangan cairan juga dapat meningkatkan kadar gula darah karena gula yang bersirkulasi (beredar) menjadi lebih terkonsentrasi (berpusat). Sementara itu, kadar gula darah yang tinggi akan membuat kita berkemih lebih sering sehingga juga memicu dehidrasi.

3. Obat-obatan
Obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengobati penyakit lain selain diabetes bisa memperburuk kadar gula darah. Contoh ekstremnya adalah steroid (untuk mengobati gangguan autoimun atau asma), bisa membuat gula darah naik dengan cepat.

Pil kontrasepsi, antidepresan, dan pelega hidung tersumbat juga bisa membuat gula darah sedikit lebih tinggi. Baca juga - Obat Diabetes Herbal

4. Pagi hari
Sebagian pengidap diabetes sering mengalami kadar gula darah tinggi di pagi hari, walau sebelum tidur hasil pengukuran glukosa menunjukkan normal. Ini terjadi karena tubuh melepaskan hormon-hormon tertentu di jam 3-4 pagi. Hormon tersebut menyebabkan tubuh jadi lebih sensitif pada insulin dan pada pengidap diabetes menyebabkan gula darah naik.

Selain itu, pagi hari juga bisa membuat kadar gula darah rendah jika malam hari sebelum tidur Anda mengonsumsi obat atau insulin terlalu banyak, atau pun kurang makan dengan cukup saat malam hari.

5. Kurang tidur
Kurang istirahat di malam hari bukan hanya memengaruhi mood dan energi, tapi juga kadar gula darah. "Tidur bersifat restoratif. Kurang tidur akan menyebabkan stres kronik di tubuh, dan kapan pun kita stres kadar gula darah akan naik," kata Bonsignore.

Itulah beberapa Penyebab Mudahnya Kadar Gula Darah Naik Turun, seperti dikutip dari laman health.kompas.com. Semoga informasi ini bermanfaat ^^

Penyebab Mudahnya Kadar Gula Darah Naik Turun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

~ Komentar yang tidak sesuai dengan ketentuan akan dihapus ~

* Dilarang Spam disini.
* Link aktif akan terhapus secara otomatis.
* Berkomentarlah dengan baik sesuai isi konten.
* Komentar pendek dan berulang akan dihapus.
* Komentar bersifat promosi (apapun) akan dihapus.
* Gunakan Name/URL untuk mendapatkan backlink.
* Dilarang memasukan/menggunakan kata-kata kotor.